Home Top Ad

Eksplorasi Manfaat dan Olahan Singkong

Share:

Singkong yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Manihot esculenta Crantz merupakan bahan makanan pokok ketiga setelah padi dan jagung untuk daerah tropis. Penyebarang singkong dinusantara terjadi pada sekitar tahun 1914-1918, yaitu pada saat Indonesia mengalami kekurangan atau krisis pangan. Tumbuhan singkong dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian sampai dengan 2.500 m dari permukaan laut, dan tumbuhan ini dapat tumbuh dengan sangat pesat didaerah tropis.

Singkong yang sering ditemui memiliki rasa manis. Selain itu singkong juga ada yang memiliki rasa pahit. Pemamfaatan singkong dikategorikan menjadi dua, yaitu: singkong sebagai bahan baku tapioka, dan singkong sebagai pangan langsung. Singkong dapat dijadikan makanan pengganti bagi daerah yang kekurangan pangan, karena singkong mengandung kabohidrat yang tinggi dan utama.
Singkong mengandung banyak mamfaat yang dibutuhkan oleh tumbuh manusia. Selain singkong mengandung karbohidrat yang tinggi, singkong juga mengandung protein, vitamin, zat besi, kalsium, dan fosfor. Kandungan zat besi yang tinggi terdapat pada kulitnya . selain mengandung beberapa  mamfaat yang telah disebutkan, tumbuhan singkong juga mengandung racun yang dalam jumlah besar cukup berbahaya, racun singkong yang selama ini dikenal adalah asam biru atau asam sianida (HCN).
Singkong yang dalam bahasa madura dikenal dengan tiga istilah (Sabreng, Pohong, dan tenggeng) banyak kita temui dipengarangan  rumah warga atau dikebun-kebun yang memang dikhususkan untuk ditanami tumbuhan singkong tersebut. Di desa Pengolangan sendiri yang berada dikecamatan Burneh kabupaten Bangkalan, disetiap pengarangan warga hampir semua ada atau ditanami tumbuhan singkong tersebut. Selain pada hakikatnya daerah ini memang tropis, tumbuhan singkong juga sebagai salah satu penghasilan warga sekitar .
Singkong di Desa Pangolangan Bangkalan Madura yang menjadi salah satu penghsilan warga diolah dengan  sedemikian rupadan diperjual belikan di didaerah Desa Pangolangan maupun disekitar Bangkalan. Singkong dapat diolah menjadi berbagai olahan diantaranya  mengolah singkong dengan tambahan keju parut dan menjadi singkong keju yang rasanya menjadi khas dan gurih, juga dapat diolah menjadi kripik dengan mengiris tipis-tipis singkong kemuian digoeng dan ditaburi dengan berbagai rasa seperti BBQ, ayam panggang, dan lain sebagainya. singkong juga dapat diolah menjadi gethuk. (Lina, MFS)

Tidak ada komentar