Home Top Ad

Eksplorasi Manfaat Tanaman Melinjo yang Masif

Share:
Di Negara Indonesia, melinjo merupakan tanaman yang tumbuh tersebar di mana-mana, serta banyak ditemukan di tanah-tanah pekarangan penduduk desa maupun penduduk perkotaan. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian tempat 0-1.200 m dpl. Dengan demikian tanaman melinjo dapat tumbuh di pegunungan berhawa lembab, bisa juga didataran rendah yang relatif kering. Namun agar dapat berproduksi secara maksimal, melinjo sebaiknya ditanam di dataran rendah yang ketinggiannya tidak lebih dari 400 m dpl dan dengan curah hujan sekitar 3.000-5.000 mm/tahun merata sepajang tahun.
Melinjo (Gnetum Gnemon Linn) yang merupakan suatu spesies tanaman berbiji terbuka (gymnospermae) yang berbentuk pohon ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Desa Panggolangan, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu desa yang dimana terdapat banyak pohon melinjo. Desa Pangolangan ini terdapat 6 dusun yaitu Dusun Balugan, Dusun Gu’nang, Dusun Bajung, Dusun Bukalkal, Dusun Pasargunung dan Dusun Pangolangan, dimana di keenam dusun tersebut disetiap pekarangan rumah warganya dan disamping jalanan desa Pangolangan terdapat pohon melinjo. Warga desa Pangolangan ini akan mengambil buah melinjo apabila buah tersebut sudah berwarna merah, lalu dikupas dan siap untuk dijual.

Terdapat kandungan antioksidan didalam biji melinjo, dimana manfaat antioksidan dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam melinjo dapat bekerja seperti vitamin C yang dapat ditemukan dalam buah-buahan lainnya. Melinjo juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
Tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman yang dikenal sejak ratusan tahun silam, akan tetapi tanaman ini sampai saat ini belum dikembangkan secara baik, khususnya di desa Pangolangan. Padahal tanaman melinjo saat ini telah menjadi komoditas ekspor, baik dalam bentuk segar maupun olahan. Tanaman Melinjo yang ditanam oleh masyarakat desa pangolangan hanya dijadikan tanaman peneduh dihalaman rumah dan di tepi-tepi jalan, dibalik melinjo sebagai tanaman peneduh dipekarangan rumah terdapat banyak manfaat dari tanaman melinjo. Karena masyarakat berapriori bahwa tanaman melinjo hanya bisa ditumbuk dan diolah kemudian digoreng menjadi kerupuk saja. Namun sebenarnya, seluruh bagian tanaman melinjo dapat dimanfaatkan, mulai dari daun muda, bunga, dan kulit lunak biji melinjo yang bisa diolah menjadi sayur, seperi sayur asem dan sayur  lodeh. Untuk biji melinjo bisa di olah menjadi emping. Untuk masyarakat desa Pangolangan memanfaatkan melinjo pada bijinya, dimana masyarakat Pangolangan menjual biji melinjo untuk menambah penghasilan mereka.
Dari penelitian yang telah dilakukan oleh instansi, maka berikut adalah 8 manfaat yang terkandung dalam tanaman melinjo bagi kesehatan :
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Melinjo mengandung antioksidan, dimana manfaat antioksidan dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam melinjo dapat bekerja seperti vitamin C yang dapat ditemukan dalam buah-buahan lainnya.
2. Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini dapat disebabkan karena serangan radikal bebas yang dapat membuat kulit terlihat lebih tua. Penuaan dini pada kulit ditandai dengan semakin banyaknya keriput yang timbul, bintik hitam, dan kulit yang tidak elastis. Dengan mengkonsumsi buah melinjo secara teratur dapat membantu Anda dalam mencegah penuaan dini karena kandungan antioksidan alami yang terdapat dalam melinjo.
3. Kesehatan Kulit
Kandungan zinc pada melinjo dapat membantu untuk mengobati jerawat secara efektif. Zinc dapat membantu meningkatkan fungsi sel darah putih yang berperan penting dalam proses penyembuhan. Selain itu juga penting untuk produksi kolagen yang merupakan jaringan ikat yang penting bagi kesehatan kulit.
4. Kesehatan Ginjal
Fosfor dapat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal, dengan membantu pelepasan racun dari ginjal melalui ekskresi dan buang air kecil. Dengan meningkatkan frekuensi dan kuantitas buang air kecil, sehingga tubuh dapat mempertahankan kadar air, mengontrol asam urat, kelebihan garam, dan lemak.
5. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Dengan mengkonsumsi buah melinjo secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Melinjo mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung.
6. Mencegah Anemia
Anemia terjadi dikarenakan tubuh mengalami kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak akan memproduksi hemoglobin yang cukup untuk sel darah merah. Dengan mengkonsumsi buah melinjo dapat meningkatkan kadar sel darah merah sehingga dapat membantu mengatasi anemia.
7. Meningkatan Stamina
Buah melinjo yang diolah menjadi makanan ringan dapat meningkatkan stamina. Menjadi cemilan dari melinjo ini tidak hanya dapat membuat kenyang, tetapi kalori yang rendah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi melinjo yang diolah menjadi makanan, seperti emping melinjo dan sayur asem, untuk membantu Anda mendapat energi.
8. Kesehatan Mata
Melinjo juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, yang dapat membuat kondisi mata Anda lebih jernih, sehat, dan mempertajam penglihatan. Buah melinjo juga dapat bermanfaat untuk penderita rabun, dengan cara mengkonsumsinya secara rutin (Aisyah, MFS)


Tidak ada komentar