Home Top Ad

Melihat Asal Usul Desa

Share:
Desa Pangolangan adalah salah satu  desa bagian dari Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Desa ini terletak di Utara Alas Kembang yang sisi kanan kirinya dikeilingi oleh pepohonan dan tumbuhan hijau lainnya. Desa Pangolangan, sebagai desa yang memiliki banyak potensi terutama dalam hal perihal pertanian tentu tidak ada begitu saja. Semua perjalanan keberadaan Desa Pangolangan tersimpan dalam sebuah sejarah yang sangat memukau. Masyarakat sekitar percaya dan meyakini sebuah kisah terdahulu, dimana awalnya desa ini terlahir dalam sebuah kepedihan dan kehausan akan ilmu pengetahuan.

Dalam sebuah cerita dipercayai, desa Pangolangan pada awalnya bernama Pamolangan/molang (bahasa madura), yang kemudian diganti menjadi Pangolangan yang berarti mengajari/mengajar. Pergantian nama desa menjadi Pangolangan ini bermula dari pengajaran yang dilakukan di Desa Pamolangan (pada awalnya) oleh seorang tokoh kepada masyarakat sekitar. Sehingga keberlangsungan dari adanya kegiatan pengajaran tersebut, seiring berjalannya waktu membawa perubahan terhadap nama Desa Pamolangan yang sekarang oleh masyarakat lebih dkenal dengan Desa Pangolangan.

Jadi Desa Pangolangan mengandung sebuah arti pengajar yang mengajarkan ilmu pengetahuan baik itu pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, dan khususnya agama. Ilmu pengetahuan kala itu menjadi sesuatu yang sifatnya krisis, sebab dianggap sedikit dari mereka yang memiliki dan memahami sebuah arti penting pengetahuan. Berangkat dari hal tersebut, mengalirlah tokoh-tokoh berpengaruh Desa Pangolangan yang berjalan membawa ilmu pengetahuan.

Sebagai orang yang tahu pada waktu itu adalah Bapak Syaiful, orang yang menjelaskan terkait asal mula adanya Desa Pangolangan. Beliau merupakan Kepala Desa periode ketiga. Saat ini, beliau tinggal di Dusun Pangolangan, Desa Pangolangan. Setelahnya ialah bapak Hosun yang merupakan kepala Desa Pangolangan periode ke empat, beliau juga menjelaskan terkait nama desa ini dengan pemaparan yang kurang lebih sama. Begitulah kurang lebih riwayat singkat Desa Pangolangan. Setelah itu, barulah berdiri sebuah Desa, yaitu Desa Pangolangan, Adapun pendiri atau pemimpin setelah terbentuknya Desa Pangolangan sebagai berikut:
1.      Bapak Ruji (belum diketahui)
2.      Bapak Suli sejak tahun 1986-1996
3.       Bapak Syaiful sejak tahun 1997-2007
4.      Bapak Hosun sejak tahun 2008-2015
Bapak Sulaiman sejak tahun 2016- sekarang

Tidak ada komentar