Home Top Ad

Peta Desa Pangolangan

Share:
DESA PANGOLANGAN



Desa Pangolangan merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Batas administratif Desa Pangolangan adalah, sebelah utara: Desa Pereng, sebelah selatan berbatasan langsung dengan Desa Banangkah, sebelah barat berbatasan langsung dengan Desa Sobih, dan sebelah timur berbatasan langsung dengan Desa Binoh. Desa ini memiliki luas wilayah ± 5,40 km2, dan jarak dari Desa Pangolangan menuju Ibu Kota Kecamatan (Burneh) yaitu kurang lebih 6 kilometer. Dari data BPS Kecamatan Burneh dalam angka 2017, maka mempresentasikan data bahwa di dalam Desa Pangolangan ini didiami oleh 955 rumah tangga dan keseluruhan jumlah penduduknya yaitu berjumlah 4.667 jiwa. Desa Pangolangan ini terdiri dari 6 dusun yaikni (Dusun Balugan, Dusun Gu’nang, Dusun Bajung, Dusun Kalkal, Dusun Sargunung, Dusun Pangolangan). Desa Pangolangan ini terdapat 12 Rukun Tetangga (RT) dan 5 RW (Rukun Warga) yang tersebar di seluruh Dusun. Selain itu, Desa Pangolangan juga memiliki suatu sistem pendidikan yang terdiri dari berbagai jenjang.

Pendidikan formal yang ada di Desa Pangolangan tersebut terdiri dari SD, SMP dan SMA yang menjadi jembatan dalam menuntut ilmu. Jumlah instansi pendidikan  Sekolah Dasar di Desa Pangolangan sejumlah dua, diantaranya adalah SD Negeri 1 Pangolangan dan SD Negeri 2 Pangolangan , jenjang kedua disusul SMP/ MTSS dengan jumlah instansi sebanyak tuga yaitu MTSS Al Mukhlisin, MTSS Manbaul Ulum dan SMP Negeri 3 Burneh  dan jenjang terakhir diikuti oleh SMA yakni SMAS Mambaul Ulum. Sistem pendidikan di Desa Pangolangan ini tergolong rendah sebab kurangnya motivasi dalam hal belajar dan pembelajaran sehingga butuh dikembangkan lebih intens.
Bergeser ke arah mata pencaharian penduduk Desa Pangolangan, bahwa mayoritas penduduk di Desa ini adalah bermata pencaharian sebagai petani. Hal ini dikarenakan letak geografis Desa Pangolangan yang berada di daerah dataran rendah tepatnya di Utara Desa Alas Kembang. Potensi yang dimiliki Desa Pangolagan terkait sistem pertanian sangatlah melimpah, terutama kacang tanah. Meningkatnya hasil pertanian tanaman kacang tersebut diakibatkan karena kondisi lingkungan yang mendukung daya tambah dan perkembangan tanaman kacang. (M. Fuji S.)
 

Tidak ada komentar