Home Top Ad

Jeruk yang Kaya Manfaat

Share:
Buah Jeruk (Citrus sinensis Osbeck) adalah buah yang memiliki kulit berwarna hijau hingga jingga dan daging buahnya mengandung banyak air yang baik untuk kesehatan. Sari buah jeruk saat ini merupakan minuman yang populer dan dikemas dalam botol yang menawarkan kebaikan untuk daya tahan tubuh sipeminumnya. Jeruk merupakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, zat gizi dan mineral. Menurut beberapa penelitian mengenai jeruk ini, jeruk dapat mencegah berbagai penyakit seperti, penyakit kanker dan stroke. Sayangnya, selama ini jeruk telanjur terkenal hanya sebagai sumber vitamin C. Padahal, buah bulat ini juga mengandung sederetan zat gizi esensial lainnya, yang meliputi karbohidrat (zat gula dan serat makanan), potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan senyawa fitokimia.

Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk itu sangat berguna bagi kehidupan manusia, sehingga manusia berfikir untuk bagaimana menciptakan jenis jeruk yang baru, maka pada saat ini jenis jeruk sudah sangat beragam dari mulai jeruk bali, jeruk nipis, jeruk lemon, dan masih banyak lagi jenis jeruk yang lainnya. meskipun jenis jeruk sampai pada saat sekarang ini sudah sangat beragam, tetapi manfaat jeruk yang satu dengan yang lainnya sama, karena kendungan dalam jeruk itu sama. Jeruk buah yang sangat populer, mudah diperoleh dan relatif murah itu, ternyata banyak mengandung zat gizi yang berguna bagi kesehatan dan pencegahan penyakit. Mengapa demikian ? karena jeruk banyak mengandung vitamin c, dan vitamin c itu berfungsi untuk daya tahan tubuh. Kegunaan jeruk yang paling utama adalah sebagai anti oksidan, dimana anti oksidan itu berguna untuk pencegahan penyakit kanker, dan juga menurut beberapa penelitian berguna untuk menunda penuaan dini (awet muda).

Vitamin C  adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak kegunaan bagi manusia, salah satunya di bidang kesehatan seperti sebagai antioksidan. Vitamin C atau asam askorbat mempunyai berat molekul 178 dengan rumus molekul C6H8O6, berbentuk kristal kekuningan, tidak berbau, memiliki massa molar sebesar 176,12 g mol−1 , dan memiliki titik didih 190-192oC.. Menurut Harry (2007), kebutuhan vitamin C bagi tubuh adalah 70 – 90 mg setiap hari. Vitamin C dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah – buahan salah satunya adalah buah Jeruk. Menurut Winarno (2002), vitamin C dapat teroksidasi karena adanya panas dan enzim. Selain itu oksidasi asam askorbat/vitamin C juga dipengaruhi oleh cahaya, dan kondisi penyimpanan (Kusuma et al., 2007).

Apabila berbicara mengenai buah jeruk, maka di desa Pangolangan tepatnya di dusun Gu’nang terdapat kebun jeruk milik ibu Sumi (56). Beliau memiliki sekitar 50 pohon jeruk disekitar kebun samping rumahnya. Buah jeruk tersebut ada yang dijual dan sebagian lainnya diberikan ke warga sekitar rumahnya. (M. Fuji S.)

Tidak ada komentar