Home Top Ad

Urgensi Identitas Desa

Share:
Identitas merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap insan yang hidup di muka bumi ini, begitu pula dengan identitas suatu daerah. Karena identitas daerah maupun desa digunakan untuk menunjukkan bahwa desa tersebut masuk dalam satuan wilayah mana. Desa Pangolangan merupakan sebuah desa yang ada di kecamatan Burneh, kabupaten Bangkalan. Desa ini terdiri dari enam dusun yaitu, dusun Pangolangan, Balugan, Bajung, Gu’nang, Kalkal, dan Sargunung.



Kondisi yang ada di desa ini sebelumnya memang belum ada papan petunjuk desa, sehingga banyak masyarakat dari luar desa ini yang harus putar balik karena keliru arah desa yang akan dituju.

Pemasangan papan nama di dusun Kalkal oleh kelompok KKN 21


Pemasangan papan nama di dusun Sargunung oleh kelompok KKN 21


Pemasangan papan nama di dusun Bajung oleh kelompok KKN 21


Pemasangan papan nama di dusun Gu'nang oleh kelompok KKN 21
Pemasangan papan nama di dusun Pangolangan oleh kelompok KKN 21

Pemasangan papan nama di dusun Balugan oleh kelompok KKN 21

“Menurut Suparman (49), pemasangan plang atau papan nama ini merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangatlah bermanfaat bagi semua orang, khususnya warga dari luar Desa Pangolangan. Karena setiap kali warga dari luar desa ini mencari dusun yang terdapat di desa ini pasti kesasar, apalagi dengan masyarakat yang dari luar Bangkalan. Sehingga sudah tepat jika pemasangan papan nama identitas desa ini dipasang di pintu masuk setiap dusun, agar meminimalisasi masyarakat yang kesasar lagi, tuturnya”.

"Adanya papan dusun yang ada di desa Pangolangan ini sangat membantu bagi para masyarakat umum dan khususnya masyarakat yang ingin visit ke sanak family yang ada di desa Pangolangan. Maksudnya adalah, saat ada orang dari luar desa ini mencari dusun dairi tempat tinggal keluarganya yang ada di desa Pangolangan. Berbicara identitas, maka identitas desa merupakan satu hal yang sangat perlu di dalam perkembangan dunia yang semakin masif dan semakin tidak ada batasnya ini.

Harapan dari kelompok KKN 21 ini mengenai pemasangan papan identitas desa ini yaitu agar setiap dusun yang ada di desa Pangolangan ini mempunyai identitas yang jelas, serta masyarakat agar tahu batas-batas setiap dusunnya dan yang paling urgen yaitu setiap warga yang berkunjung ke desa ini tidak kesasar lagi. (M.Fuji S.)

Tidak ada komentar